Mengenal lebih dekat Ansible (2)

Setelah mengenali apa itu ansible dan ansible roles di postingan sebelumnya berikut ini kita akan mengenal lebih dekat lagi mengenai ansible. Salah satu hal yang penting dalam penggunaan ansible adalah ansible roles. Roles menjadi bagian penting dalam penggunaan ansible sebagai tools automation. Roles dijadikan library dalam suatu konfigurasi manajemen di Ansible.

mengenal lebih dekat ansible (2)

Ansible sendiri juga menyediakan sebuah community yang bisa digunakan untuk menyimpan role-role yang kita buat yang biasa disebut dengan Ansible Galaxy. Dikarenakan bersifat komunitas dan public maka kita bisa memakainya secara free dengan melakukan pull roles milik orang lain . Selain memakainya kita juga bisa berkontribusi dengan menyimpan roles yang kita buat di Ansible Galaxy dengan membuat akun terlebih dahulu disana. Pada kesempatan ini saya akan membagikan bagaimana membuat roles dengan ansible galaxy. Roles ini digunakan untuk menginstall httpd

Pertama masuk ke path /etc/ansible/roles/ dan buat roles baru dengan perintah berikut ini

mengenal lebih dekat ansible (2)

Setelah itu lihat struktur file yang digunakan untuk membuat roles, dalam hal ini kita perlu mengedit beberapa file.

mengenal lebih dekat ansible (2)

File yang perlu kita edit adalah file yang berada di dalam folder task tambahkan beberapa baris sehingga akan tampak seperti berikut ini.

mengenal lebih dekat ansible (2)

Setelah itu buat file yang dengan nama bebas yang berguna untuk memicu roles tersebut dalam hal ini, saya membuat dengan nama site.yml dengan isi file seperti ini:

Terdapat bagian yang perlu kita ubah yaitu hosts dan roles, seperti yang sudah kita tahu pada post sebelumnya disini kita akan menggunakan hosts client dan dengan roles pilihan kita. Hilangkan tanda pagar apabila kita akan menggunakan roles tersebut.

Selanjutnya untuk mengecek file tersebut kita bisa menggunakan perintah seperti ini, jika ada kesalahan penulisan akan muncul error tentunya.

mengenal lebih dekat ansible (2)

Apabila semuanya telah siapnya saatnya meluncur dengan ansible dan masukan perintah berikut untuk menjalankan roles, apabila berhasil akan muncul tampilan OK dan Changed seperti dibawah ini. Happy Automation!

mengenal lebih dekat ansible (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *